Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Mie Instan

Bahayakah jika ibu hamil makan mie instan? mungkin itu salah satu pertanyaan yang sering di tanyakan oleh ibu hamil ketika ingin makan mie instan, sebagaimana kita ketahui mie instan merupakan makanan berkuah yang mudah disajikan, mungkin ada bunda yang ketika malas memasak menjadikan mie instan sebagai solusi untuk meredakan rasa lapar.

Ketahuilah bunda bahwa satu porsi mie instan tidak bisa dikatakan sebagai makanan bergizi seimbang karena dalam mie istan hanya terkandung pati, garam(natrium), MSG, dan sedikit vitamin dan mineral. jika bunda terlalu sering mengkonsumsi mie instan setiap harinya dikhawatirkan kebutuhan nutrisi bunda dan janin tidak terpenuhi;


ibu hamil makan mie instan
Ibu Hamil Makan Mie Instan

Mie instan tidak oleh dijadikan makanan pokok apalagi jika bunda sedang hamil, pada dasarnya ibu hamil boleh saja makan mie instan tapi tidak terlalu sering misalnya 2 minggu sekali atau seminggu sekali itu lebih baik hal ini untuk menjaga agar kebutuhan nutrisi bumil terpenuhi. baca Tips Tips Kehamilan Sehat

Bahaya Mie Instan untuk Ibu Hamil

Meskipun mie instan boleh saja di konsumsi oleh ibu hamil,alangkah baiknya jika bunda pun mengetahui bahaya yang mungkin terjadi akibat terlalu sering mengkonsumsi mie instan.

1. Maag/radang lambung

Kandungan natrium dalam mie instan dapat menyebabkan maag akut yang dapat membahayakan kesehatan bunda tentunya hal ini akan membahayakan perkembangan janin.

2. Keguguran

kandungan bahan pengawet yang terkandung di dalam mie instan jika di konsumsi terus menerus dapat menembus dinding plasenta dan hal ini akan menyebabkan janin tidak berkembang dan mati maka terjadilah keguguran. baca Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

3. Kecacatan pada janin

Kandungan MSG atau vetsin dapat menyebabkan kecacatan pada janin dan mengganggu pertumbuhan janin sehingga tidak optimal.

4. Kerusakan sistem percenaan

Zat lilin yang terkandung didalam mie instan dapat menyebabkan penyerapan nutrisi terganggu hal ini karena zat ini tidak mudah dicerna sehingga membuat usus bekerja lebih extra. jika di konsumsi terus menerus maka usus akan rusak sehingga sistem metabolisme pun terganggu.

5. Hipertensi/tekanan darah tinggi

Kandungan natrium yang terkandung di dalam mie instan dapat menyebabkan hipertensi jika di konsumsi terus menerus.

Mungkin itu beberapa bahaya yang timbul jika ibu hamil makan mie instan, meskipun begitu bunda tak perlu khawatir jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

Tips Sehat Mengkonsumsi Mie Instan Untuk Ibu Hamil

1. Jangan menggunakan bumbu yang ada dalam mie instan, bunda dapat meraciknya sendiri dengan bumbu dapur yang lebih aman, jika pun ingin menggunakannya gunakan setengahnya saja dalam 1 porsi mie instan dan tambahkan bumbu dapur jika perlu.

2. Tambahkan makanan lain sebagai pelengkap gizi seperti telur, udang, sayuran hijau, brokoli atau yang lainnya. baca Sayuran Untuk Ibu Hamil

3. ketika merebus mie instan gunakanlah air yang banyak hal ini untuk menguraikan zat kimia yang terkandung didalamnya, ketika akan di sajikan buanglah air rebusan tadi dan gunakanlah air panas yang baru.

Mungkin itu beberapa tips yang bisa saya tulis untuk bunda dalam mengkonsumsi mie instan. meskipun begitu alangkah baiknya bunda jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan saat hamil meskipun di perbolehkan, hal ini untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan. 

 Itulah beberapa bahaya dan tips yang bisa saya tulis dalam artikel ini yaitu tentang bahayakah jika ibu hamil makan mie instan, semoga dapat menjadi tambahan pengetahun bagi bund untuk menjaga kandungannya agar tetap sehat.


0 Response to "Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Mie Instan "

Posting Komentar