Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting dan Apa Manfaatnya

Banyak di antara bunda yang bertanya bolehkah ibu hamil makan kepiting ? sebagaimana kita ketahui kepiting adalah makanan yang kaya akan protein,omega3, vitamin B 12 dan masih banyak nutrisi yang lainnya.hampir semua kandungan nutrisi yang terkandung di dalam kepiting dibutuhkan oleh ibu hamil, oleh sebab itu tidak ada larangan bagi bumil yang ingin mengkonsumsi olahan makanan berbahan dasar kepiting kecuali jika ibu hamil memiliki alergi terhadap makanan laut maka hal tersebut tidak dibolehkan.

Meskipun mengkonsumsi di perbolehkan, masih ada saja ibu hamil yang takut mengkonsumsinya karena mendengar mitos mitos yang berkembang jika mengkonsumsi kepiting nanti bayi yang di lahirkan akan terlahir cacat seperti jumlah jari yang berkurang atau mitos yang lainnya. sebaiknya bagi bumil jika ingin memakan sesuatu ketahui dulu kandungan yang ada di dalamnya jika makanan tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk kehamilan maka makanan tersebut baik. jangan terlalu percaya kepada mitos mitos yang belum tentu kebenarannya.Baca juga mitos mitos kehamilan

ibu hamil makan kepiting
ibu hamil makan kepiting

Manfaat Ibu Hamil Makan Kepiting

Banyak manfaat olahan kepiting untuk ibu hamil tentunya untuk perkembangan janin, berikut manfaat kepiting untuk ibu hamil

1. Meningkatkan Daya tahan tubuh,

Kandungan vitamin B12 yang ada dalam kepiting berfungsi sebagai penambah stamina tubuh sehinggah bunda akan terhindar dari rasa lemah dan lesu,selain itu vitamin B12 juga membantu peoses pertumbuhan otak janin.

2. Membantu memproduksi ASI

Omega 3 selain dapat membantu menyusun sel sel otak janin, omega 3 juga berfungsi sebagai nutrisi yang dibutuhkan dalam memproduksi asi.sehingga bunda telah menyiapkan asi eksklusif dengan nutrisi yang baik.

3. Membantu memperbaiki sel sel yang rusak

Sebagaimana kita ketahui kepiting kaya akan proten, dimana fungsi protein adalah penyusun jaringan tubuh dengan mengkonsumsi kepiting maka sel sel yang rusak didalam tubuh akan di perbaharui. selain itu protein juga berguna sebagai penyusun jaringan tubuh janin.

4. Mencegah osteoporosis

Kepiting juga mengandungan kalsium yang cukup tinggi,oleh sebab itu bagi ibu hamil  kepiting dapat dijadikan makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian agar terhindar dari keropos tulang. selain itu kalsium juga berguna untuk pembentukan tulang janin.

5. Menangkal Radikal bebas

Kepiting juga mengandung selenium dimana selenium berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, jika bunda mengkonsumsi kepiing maka bunda akan terhindar dari radikal bebas yang dapat menyerang dan merusak sel sel tubuh.

Itulah beberapa manfaat kepiting bagi ibu hamil yang bisa saya tulis dalam artikel ini, pada dasarnya ibu hamil boleh saja mengkonsumsi kepiting asalkan jangan berlebihan,dan jika bunda mempunyai alergi terhadap makanan laut sebaiknya bunda jangan mengkonsumsinya untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Sekian artikel tentang bolehkah ibu hamil makan kepiting yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat bagi bunda dan menambah wawasan tentang kehamlan. baca juga Tips Sehat Kehamilan

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting dan Apa Manfaatnya"

Posting Komentar