Mengetahui Bahaya dan Manfaat Ibu Hamil Makan Jengkol

Sebagaimana kita ketahui bunda jengkol merupakan makanan yang memiliki citarasa dan bau yang khas,lalu bagaimana jika ibu hamil ingin makan jengkol? bahayakah ibu hamil makan jengkol ? nah sebelum menjawabnya alangkah baiknya bunda mengetahui kandungan yang terdapat pada jengkol.

Jengkol mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, fosfor, Zat besi,protein dan kalsium, dilihat dari kandungannya jengkol sebenarnya boleh di makan oleh ibu hamil meskipun begitu jengkol pun memiliki efek samping jika di konsumsi secara berlebihan.

Banyak olahan makanan berbahandasarkan jengkol, alangkah baiknya jika bunda ingin mengkonsumsi jengkol pilihlah masakan jengkol yang telah mengalami perebusan seperti semur jengkol jangan mengkonsumsi jengkol dalam keadaan mentah misalnya untuk lalab hal ini dimaksudkan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.
Baca juga Makanan sehat untuk ibu hamil  dan Tips kehamilan sehat 

Bahaya dan manfaat ibu hamil makan jengkol
Ibu Hamil Makan Jengkol

Bahaya Ibu Hamil Makan Jengkol

Sebenarnya jengkol tidak begitu berbahaya jika di konsumsi secara benar yaitu tidak berlebihan, meskipun begitu bunda yang sedang hamil perlu mengetahui juga bahaya yang dapat timbul dari jengkol yang pertama ialah

1. Dapat memperberat kerja ginjal

Jengkol mengandung asam jengkolat dimana jika dikonsumsi berlebih maka tubuh akan membuangnya melalui urin. asam jengkolat ialah senyawa asam yang khas yang terkandung di dalam jengkol yaitu yang menyebabkan jengkol berbau khas. asam jengkolat jika berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan ginjal bekerja dengan extra untuk menyaringnya dan membuangnya melalui urin, akibat dari keerja ginjal yang berat maka akan menyebabkan ibu hamil merasa lemas dan lesu.

2. Kontraksi Perut

Jengkol juga dapat menyebabkan kontraksi perut jika di konsumsi secara berlebihan seperti seringnya buang air besar, nah yang di khawatirkan jika perut terus berkontraksi maka kemungkinan terjadi keguguran sangatlah mungkin apalagi jika usia kandungan masih muda yang rentan terhadap tekanan.

Manfaat Ibu Hamil Makan Jengkol

Ternyata manfaat jengkol lebih banyak dari pada bahayanya jika dikonsumsi secara benar. adapun manfaat jengkol ialah

1. Sumber Kalsium

Jengkol mengandung kalsium cukup tinggi dan ini baik untuk membantu perkembangan tulang janin, untuk memeroleh kalsim dari jengkol bunda cukup memakan beerapa jengkol saja setiap hari dan jangan makan terlalu banyak.

2. Mencegah Anemia

Anemia ialah kekurangan zat hb dalam darah dengan mengkonsumsi jengkol bunda akan terhindar dari anemia karena jengkol mengandung zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian dalam darah.

3. Meningkatkan Daya tahan tubuh
 
Jengkol mengandung banyak vitamin yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan al ini baik untuk bunda sehingga bunda tidak mudah terserang penyakit.

4. Membantu Perkembangan janin

Protein nabati yang terkandung di dalam jengkol sangatlah diperlukan untuk pertumbuhan janin dimana kita ketahui protein adalah penyusun jaringan jaringan tubuh.

5. Mencegah Sembelit

Seperti yang kita ketahui biasanya bunda yang sedang hamil sulit buang air besar nah dengan mengkonsumsi jengkol secara teratur maka bunda akan terhindar dari sembelit.

Itulah beberapa bahaya dan manfaat ibu hamil makan jengkol yang bisa saya uraikan dalam artikel ini semoga bermanfaat bagi bunda dan sebagai sumber pengetahuan untuk  menjalani kehamilan dengan baik.

0 Response to "Mengetahui Bahaya dan Manfaat Ibu Hamil Makan Jengkol"

Posting Komentar