6 Amalan Ibu Hamil Dalam Islam Yang Dianjurkan.

Setiap bunda yang sedang hamil tentunya menginginkan anaknya kelak menjadi anak yang soleh atau soleha, untuk mewujudkan semua itu bunda perlu melakukan usaha dan doa. usaha disini ialah dengan melakukan amalan amalan yang di anjurkan dalam islam, lalu apa saja amalan ibu hamil dalam islam yang di anjurkan?

Sebelumnya mungkin bunda sudah tau tentang mitos-mitos kehamilan bukan, dimana semua mitos itu hanya akan menimbulkan ketakutan yang dapat mempengaruhi psikis ibu hamil itu sendiri. nah di dalam islam mitos mitos yang berkembang di masyarakat tidak dibenarkan untuk di yakini, karena tidak memiliki nilai amalan yang dapat mepengaruhi psikis calon bayi nantinya. sebaiknya bunda yang sedang hamil lebih banyak melakukan amalan yang memiliki nilai dihadapan Alloh SWT agar kelak bayi yang dilahirkan menjadi aanak yang soleh atau soleha.

6 amalan ibu hamil dalam islam yang di anjurkan
Amalan Ibu Hamil


Amalan Ibu Hamil Dalam Islam Yang Dianjurkan.

Nikmat terbesar bagi seorang wanita ialah diberikan kepercayaan oleh Alloh SWT untuk mengandung, nah oleh sebab itu bagi bunda yang sedang hamil patut untuk bersukur kepadNya dengan banyak-banyak melakukan amalan amalan yang dianjurkan dalam islam.

Berikut amalan amalan yang di anjurkan untuk ibu hamil dalam islam:

  1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Alloh SWT dengan melakukan solat solat sunah, misalnya solat sunah hajat untuk meminta agar anak yang di kandung menjadi anak yang soleh atau soleha. atau solat sunah tahujud dimana di dalamnya bunda minta kepada Alloh SWT ampunanNya agar prilaku yang buruk sebelum bunda mengandung tidak tercermin oleh anak yang akan dilahirkan kelak.
  2. Sering seringlah membaca alquran dan mentadaburinya, dengan begitu bunda telah mengenalkan kepada janin firman tuhan yang telah menciptakannya sebelum kelahirannya. bacalah surah surah dalam alquran yang berkaitan dengan anak seperti surat maryam, surah luqman, surah yusuf surah an nahl dan yang lainya,semua surah dalam alquran itu baik maka bacalah yang menurut bunda mudah dalam membacanya.
  3. Banyak-banyaklah berdoa, sebagaimana yang di sampaikan rosulullah yaitu tidak ada yang dapat merubah takdir seorang manusia melainkan doa. Berdoalah agar kelak bayi yang dilahirkan ditakdirkan menjadi anak yang soleh atau soleha.
  4. Istiqomah dalam menutup aurat, sebagaiman kita ketahui bunda menutup aurat itu wajib dalam islam bagi seorang wanita. Alloh SWT tidak akan melihat wanita yang rambutnya teurai/terlihat. jika bunda tidak menutup aurat meski melakukan amalan no 1,2 dan 3, semua itu tidak akan dilihat olehNYa.
  5. Menjaga lisan dan perbuatan, jauhilah menggunjingkan orang lain karena itu perbuatan tercela, berprilaku sopan dan berkata baik saat hamil akan mempengaruhi genetik calon bayi nantinya.
  6. Makan makanan halal, usahakan apa yang bunda makan itu halal sehingga daging yang tersusun pada calon bayi berasal dari unsur yang halal , dan itu pun dapat mempengaruhi kepribadian bayi nantinya.
Itulah 6 poin penting tentang amalan ibu hamil dalam islam yang dinjurkan, sebenarnya masih banyak bund amalan untuk ibu hamil  tapi keenam itu sudah lebih dari cukup untuk mewakilinya.

Selain amalan amalan ibu hamil, di artikel ini akan saya tulis juga doa-doa yang bisa digunakan ibu hamil untuk berdoa kepada Alloh SWT. jika bunda membutuhkan informasi seputar kehamilan dapat di baca di sini info seputar kehamilan

Doa-doa Ibu Hamil
  • Doa agar anak kelak menjaga solatnya
Doa ini pernah di panjatkan oleh nabi ibrahim

"Rabbij'alnii muqiimash sholaati wamin dzurriyatii robbanaa wa taqobbal du'aa." 

Artinya : "Ya tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan solat, ya tuhan kami perkenankanlah doa kami" (QS.Ibrahim:40)
  • Doa meminta keturunan yang baik
Doa ini di ambil dari surat Ali Imran ayat 38

"Rabbi habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah. innaka sammi'uddu'aa"

Artinya : "Ya alloh berikanlah kepadaku dari sisiMu keturunan yang baik, sesungguhnya engkau adalah yang maha mendengar permohonan doa"

  • Doa memohon anak yang soleh/solehah
Rabbi inni nadzartu laka maa fii bathnii muharroron fataqobbalminni,innaka antas sami'ul alim"

Artinya : "Ya tuhanku sesungguhnya aku bernadzar kepada engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang soleh dan berkhidmat karena itu terimalah nazar itu dari padaku, sesungguhnya engakaulah yang maha mendengar lagi maha mengetahui. (QS Ali Imran 35)

Nah mungkin itulah beberapa doa yang bisa saya bagikan untuk bunda pada tulisan saya kali ini yaitu tentang amalan ibu hamil dalam islam, semoga bermanfaat untuk bunda dan mendapatkan anak-anak yang soleh/solehah nantinya.

0 Response to "6 Amalan Ibu Hamil Dalam Islam Yang Dianjurkan."

Posting Komentar