Bahaya Semangka Untuk Ibu Hamil dan janin

Bunda seperti yang kita ketahui semangka merupakan makanan yang kaya akan serat dan air sangat cocok jika dimakan ketika kondisi cuaca sedang panas karena dapat memeberikan efek segar pada tenggorokan,nah lalu bahayakah semangka untuk ibu hamil dan janin jika di konsumsi, mungkin itu pertanyaan yang sering ditanyakan bunda ketika ingin mengkonsumsi semangka.

Dilihat dari kandungannya semangka memiliki manfaat dan juga efek yang kurang baik bagi ibu hamil dan janin, meskipun begitu semangka lebih banyak manfaatnya ketimbang bahayanya, hal ini karena kandungan yang terdapat pada semangka juga dibutuhkan oleh ibu hamil sedangkan bahaya yang ditimbulkan dari semangka itu karena pola konsumsi yang salah yang di anjurkan untuk ibu hamil. baca juga makanan sehat untuk ibu hamil

Bahaya Semangka Untuk Ibu Hamil dan janin
Semangka Untuk Ibu Hamil

Nah untuk lebih jelasnya akan saya uraikan bahayanya terlebih dahulu

Bahaya Semangka Untuk Ibu Hamil dan Janin

Beberapa efek semangka yang yang timbul jika di konsumsi secarah berlebih oleh ibu hamil.
  • Mengganggu Kinerja ginjal
Semangka mengandung banyak kandungan mineral terutama kalium, jika bunda mengkonsumsi semangka terlalu banyak maka kalium itu akan di buang melalui urine, nah hal ini akan memperberat kerja ginjal dalam menyaring kalium agar terbuang bersama urine. dengan begitu kerja ginjal akan semakin berat dan bunda akan cepat merasa lemah dan lemas selain itu bunda juga akan seringa buang air kecil.
  • Gangguan fungsi saluran gastrointestinal
Saluran gastrointestinal ialah saluran yang mengolah makana sehingga nutrisi yang terkandung di dalam makanan dapat diserap oleh tubuh. dengan mengkonsumsi semangka yang berlebih, saluran ini dapat terganggu karena zat Iycopene yang terdapat pada semangka.zat Iycopene merupakan zat warna pada buah buahan berwarna merah,zat ini dapat menyebabkan infeksi pada usus jika dikonsumsi secara berlebih sehingga penyerapan nutrisi dapat terganggu.
  • Ketidakseimbangan Nutrisi dalam Tubuh
Semangka dapat membersihkan zat zat gizi dalam usus jika di konsumsi secara berlebih yaitu dengan membuangnya melalui anus. jika zat zat yang mengandung nutrisi dibuang karena seringnya buang air besar maka tubuh bunda akan kekurangan nutrisi nah hal ini tentunya buruk untuk ibu hamil dan janin,dimana janin mendapatkan nutrisi dari makanan yang ibu hamil makan.

itulah beberpa bahaya yang mungkin ditimbulkan jika mengkonsumsi semangka secara berlebih. meskipun begitu bunda tidak perlu kahwatir jika ingin mengkonsumsi semangka karena semangka memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil jika dikonsumsi sewajarnya. baca juga tips menjaga kehamilan agar tetap sehat

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil
  • Mencegah Dehidrasi
Dengan mengkonsumsi semangka bunda akan terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh,hal ini karena semangka mengandung banyak air yang dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam proses metabolisme tubuh.
  • Mengurangi Kram Otot
Kram seringkali menyerang ibu hamil hal ini karena ketidak seimbangan hormon pada tubuh ibu hamil itu sendiri. dengan mengkonsumsi semangka kram pada otot dapat diminimalisir.
  • Mengurangi Pembekakan Kaki
Pada kaki ibu hamil terkadang terjadi pembengkakan, hal ini terjadi karena tidak lancarnya peredaran darah. kandungan air yang terdapat dalam semangka mampu memperlancar aliran darah sehingga pembengkakan dapat dihindari.
  • Meredakan Morning Sicknes
Morning sicknes atau mual nual biasanya terjadi di awal kehamilan. rasa segar yang ditimbulkan dari mengkonsumsi semangka dapat meredakan mual yang berlebihan pada ibu hamil muda.
  • Sebagai anti oksidan 
Vitamin A yang terkandung di dalam semangka dapat membantu memelihara perkembangan penglihatan janin selain itu vitamin A juga juga dapat melindungi tubuh ibu hamil dari radikal bebas.
  • Menjaga Kesehatan Jantung
Zat likopen dalam semangka berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan perkembangan jantung janin

Nah bunda itulah beberapa bahaya dan manfaat yang di timbulkan jika mengkonsumsi semangka. meskipun begitu selagi bunda mengkonsumsinya secara wajar dalam artian tidak berlebihan maka semangka untuk ibu hamil tidaklah akan menimbulkan bahaya.

0 Response to "Bahaya Semangka Untuk Ibu Hamil dan janin"

Posting Komentar