Bahayakah jika Ibu Hamil Di Pijat ?

Ibu hamil di pijat bolehkah? apa tidak berbahaya pada janin? sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil pada trimester terakhir sering mengalami pegal-pegal ini dikarenakan beban bayi yang semakin besar. selain itu, pegal-pegal juga terjadi karena posisi tidur yang tidak benar atau karena pola makan yang kurang baik. nah biasanya ibu hamil untuk menghilangkan rasa pegalnya memilih untuk di pijat.

Bahayakah jika ibu hamil di pijat? pemijatan pada ibu hamil jika di lakukan oleh ahlinya tidak jadi masalah asalkan tidak menimbulkan kontraksi pada perut ibu hamil, yang berbahaya ialah pemijatan yang dilakukan oleh orang yang bukan ahli dalam memijat ibu hamil karena hal ini dapat menimbulkan tekanan dan juga kontraksi pada perut ibu hamil yang dapat mengakibatkan keguguran. nah lalu bagaimana pemijatan yang baik untuk ibu hamil?

Bahayakah Jika Ibu Hamil Di Pijat
Ibu Hamil Di Pijat

Pemijatan yang baik bagi ibu hamil

  1. Pemijatan dilakukan oleh seorang ahli pijat pada ibu hamil, karena ada bagian bagian tubuh tertentu yang jika di pijat akan menimbulkan kontraksi.
  2. Pemijatan pada ibu hamil dilakukan di usia kandungan 6 bulan ke atas karena di bulan bulan itu bunda akan sering merasa lelah dan pegal, selain itu juga janin sudah cukup kuat jika mendapat tekanan yang tidak di sengaja.
  3. Kehamilan tidak bermasalah, yang dimaksud di sisni ialah posisi bayi yang tidak memiliki gangguan misalkan posisi bayi terlilit tali pusat atau biasa kita kenal dengan sungsang. jika kehamilan bermasalh sebaiknya jangan dilakukan pemijatan pada area tubuh.
Bagian tubuh ibu hamil yang boleh di pijat

Terkadang ibu hamil ingin di pijat oleh suami, nah jika di pijat oleh suami bunda boleh memilih bagian tubuh yang jauh dari bagian perut sperti
  • Bagian betis kaki, di bagian ini suami dapat memijat ringan hanya untuk meredakan otot yang tegang karena seharian menopang calon bayi dalam kandungan.
  • Bagian lengan, dibagian ini juga dapat dilakukan pemijatan oleh suami.
  • Bagian kepala
Untuk bagian yang lain sebaiknya dilakukan oleh seorang yang ahli dalam dalam memijat ibu hamil,
bagian tubuh ibu hamil yang harus di pijat oleh seorang ahli yaitu:
  • Bagian bahu, dibagian ini ada titik refleksi yan hanya di ketahui oleh seorang ahli pijat.
  • Bgian punggung,
  • Bagian pinggang,
  • Bagian paha,
Selain bagian-bagian tubuh yang boleh di pijat ada bagian tubuh yang tidak boleh dipijat oleh seorang ahli atau bukan yaitu
  • Bagian perut,
  • Bagian organ rahim/dibawah perut,
  • Bagian pinggul /pinggang yang dekat kandungan.
Itulah bagian-bagian tubuh ibu hamil yang boleh di pijat dan yang tidak boleh di pijat, selain itu pemijatan yang dilakukan seorang ahli memiliki manfaat yang baik intuk ibu hamil, berikut manfat yang di dapt oeh ibu hamil jika di pijat oleh seorang ahli.

Manfaat jika ibu hamil di pijat
  1. Tubuh akan terasa fres dan bugar, dengan dilakukan pemijatan bunda tidak lagi mersakan kepayahan seperti lelah,lesu dan perasaan lainnya yang membuat ibu hamil tidak mood.
  2. Memperlancar peredaran darah pada ibu hamil,
  3. Mampu meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan fungsi pankreas,
  4. Meringankan rasa mual/morning sickness
  5. Dapat memperlancar proses kelahiran
Selain memiliki manfaat pemijatan juga memiliki resiko yang cukup fatal jika tidak dilakukan oleh seorang ahli seperti keguguran,salah posisi otot dan tulang, bayi terlahir prematur dan lain sebagainya. baca juga posisi tidur yang baik bagi ibu hamil

Demikianlah yang bisa saya tulis dalam artikel ini yaitu tentang bahayakah jika ibu hamil di pijat. sebaiknya jika bunda ingin dipijat terlebih dahulu konsultasikan kedokter kandungan untuk memstikan kondisi janin baik-baik saja jika dilakukan pemijatan di bagian tubuh bunda untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

0 Response to "Bahayakah jika Ibu Hamil Di Pijat ?"

Posting Komentar