Bahaya Vitamin C Untuk Ibu Hamil dan Janin

Vitamin C untuk ibu hamil baik untuk perkembangan janin akan tetapi jika berlebihan dalam mengkonsumsinya juga berdampak buruk untuk janin. setiap orang memerlukan asupan vitamin C setiap harinya dan jumlahnya berbeda-beda tergantung kondisi tubuh orang tersebut pada hari itu. ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C lebih banyak dari pada saat tidak hamil hal ini karena ibu hamil harus memenuhi juga kebutuhan vitamin C bayinya,selain itu ibu hamil juga memerlukan daya tahan tubuh terhadap penyakit yang lebih besar dari biasanya sehingga memebutuhkan asupan vitamin C yang lebih banyak untuk proses metabolisme tubuhnya.

Bahaya vitamin C untuk ibu hamil tidaklah perlu dikhawatirkan secara berlebih oleh bunda, karena selagi bunda mengkonsumsinya sesuai dosis harian untuk ibu hamil, vitamin C sangatlah bermanfaat untuk perkembangan janin. yang perlu diperhatikan oleh bunda ialah jumlah dan sumber vitamin C yang dikonsumsi. apakah jumlahnya sudah sesuai yang dibutuhkan ibu hamil setiap harinya yaitu 75- 90 mg setiap harinya dan sumber vitamin C itu dari buah-buahan atau suplemen vitamin C. untuk ibu hamil lebih baik memperoleh vitamin C dari buah-buahan dari pada mengkonsumsi suplemen vitamin C seperti CDR. Baca juga : Vitamin yang baik untuk ibu hamil dan janin 

Bahaya Vitamin C Untuk Ibu Hamil dan Janin
Vitamin C Untuk Ibu Hamil

Bahaya Vitamin C Untuk Ibu Hamil 

Bahaya vitamin C terjadi jika bunda mengkonsumsinya melebihi dosis yang di anjurkan, vitamin C memiliki tingkat keasaman yang berbeda-beda tergantung sumbernya nah inilah yang membahayakan ibu hamil dan janin jika tidak di perhatikan dengan baik. inilah beberapa bahaya yang di timbulkan dari vitamin C:
  • Keguguran
Mengkonsumsi Vitamin C dengan dosis tinggi pada awal kehamilan dapat menyebabakan terjadinya keguguran hal ini karena akibat tekanan progesteron.
  • Sakit Perut
Konsumsi Vitamin C berlebih dapat membuat perut mulas nah hal ini juga dapat membahayakan janin jika terjadi kontraksi perut yang terus menerus.
  • Keram Usus
Rasa pegal pada usus atau keram usus juga dapat diakibatkan oleh vitamin C. jika keram usus terjadi pada ibu hamil di trimester pertama hal ini dapat membahayakan janin.
  • Mual dan Muntah
Jika vitamin C masuk kedalam lambung melebihi tingkat keasaman pada lambung maka lambung akan berkontraksi dengan memuntahkannya atau mual-mual.meski mual pada ibu hamil adalah hal biasa namun jika ini terjadi terus menerus maka akan memebuat ibu hamil merasa lelah.
  • Diare
Vitamin C yang berlebih jika sudah masuk ke usus besar maka dapat menimbulkan diare dan masalah pencernaan lainya. jika ibu hamil terus menerus buang air besar selain dapat menjadikan ibu hamil dehidrasi, juga dapat membahayakan janin karena kontraksi perut yang teru menerus.
  • Membahayakan Ginjal
Vutamin C yang berlebih tidak akan di gunakan oleh tubuh melainkan akan di buang melalui urine hal ini akan menambah kerja ginjal,dan dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal karena kadar vitamin C yang terkandung di dalam urine terlalu banyak.

Cara Mengatasi Kelebihan Vitamin C dalam Tubuh

Untuk meminimalisir bahaya yang di timbulkan dari vitamin C maka bunda dapat melakukan beberapa cara ini. seperti yang kita ketahui bunda, dalam mengkonsumsi Vitamin C kita tidak tahu bukan apakah jumlah vitamin C yang kita konsumsi sudah cukup untuk tubuh atau malah berlebih. nah untuk mengatasi kelebihan vitamin C dalam tubuh, bunda dapat melakukan cara cara ini:
  • Minum Air Putih yang Banyak
Dengan meminum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari maka kadar vitamin C dalam tubuh akan rendah nah hal ini akan membantu tubuh untuk membuanganya melewati urine, jika urine encer maka kemungkinan terjadi batu ginjal dapat di hindari. selain itu air putih juka dapat mengurangi kadar asam dalam lambung dan menguraikan vitamin C dalam usus sehingga mudah diserap.
  • Mengkonsumsi Buah Melon dan Semangka
Untuk menyeimbangkan kadar vitamin C dalam tubuh bunda dapat mengkonsumsi melon atau semangka karena kedua buah ini mengandung banyak air di dalamnnya sehingga dapat memicu terjadi urine sehingga vitamin C yang berlebih dalam tubuh dapat segera dibuang melalui urine.

Itulah beberapa bahaya vitamin C untuk ibu hamil dan janin dan bagaimana cara mengatasinya. ada yang perlu di perhatikan bunda bahwa segala sesuatu jika berlebih itu tidak baik, maka mulailah untuk mengkonsumsi sesuatu itu sedikit tapi teratur karena hal ini lebih baik diterima oleh tubuh dan tidak menimbulkan banyak bahaya karena kelebihan. baca juga Habbatussauda untuk ibu hamil

0 Response to "Bahaya Vitamin C Untuk Ibu Hamil dan Janin"

Posting Komentar