Bahayakah jika ibu hamil makan durian?

Bahayakah jika ibu hamil makan durian?, durian memang buah yang memiliki aroma yang khas dan memiliki cita rasa yang manis dan lembut. Tentu untuk ibu hamil seperti yang kita ketahui terkadang ingin makan beberapa makanan yang sangat diinginkannya,biasanya secara umum disebut ngidam, lantas bolehkah buah durian dimakan oleh ibu hamil? Nah sebelum menjawabnya kita harus tau apa kandungan yang terkandung di dalam buah durian itu sendiri.


Bolehkah ibu hamil makan durian?
Buah Durian

Menurut dari sumber National Nutrient Data Base atau USDA, setiap 100 gram buah durian mengandung nilai gizi:

Energi 147 kcal 7%                                                          Elektrolit,
Karbohidrat 27,09 gr 21%                                                Sodium 2 mg 0%
Protein 1,47 gr 2,5%                                                         Kalium 436 mg 9,5%
Lemak 5,33 gr 20%
Kolestrol 0 mg 0%                                                            Mineral,
Diet Serat 3,8 gr 10%                                                        Kalsium 0,6 mg 0,6%
                                                                                           Tembaga 0,207 mg 23%
Vitamin,                                                                             Besi 0,43 mg 5%
Asam folat 36 mcg 9%                                                       Magnesium 30 mg 7,5%
Niacin 1,074 mg 7%                                                           Mangan 0,325 mg 14%
Asam Pantotenat 0,30 mg 4,5%                                         Fosfor 39 mg 6%
Pyridoxine 0,316 mg 24%                                                  Seng 0,28 mg 2,5%
Riboflavin 0,2 mg 15%                                                       Phyto-nutrisi karoten 6 mcg
Thiamin 0,374 mg 31%                                                       Karoten-AY 23 mcg
Vitamin A 44 iu 1,5
vitamin C 19,7 mg 33%

Nah sekarang kita sudah tau kandungan yang terdapat pada buah durian, lantas bahayakah durian jika dimakan oleh ibu hamil? dilihat dari nilai gizinya, buah durian aman aman saja bahkan baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil hanya yang perlu di perhatikan adalah jumlah konsumsinya. jangan terlalu berlebih dan sering  makan buah durian karena di dalam buah durian juga terkandung alkohol dan asam arachidonat. 

Sebagaimana yang kita ketahui alkohol dapat mengakibatkan gangguan perkembangan janin yang dapat menyebabkan bayi terlahir prematur dengan berat badan dibawah rata rata berat baan kelahiran bayi, sedangkan asam arachidonat yang terkandung dalam buah durian merupakan senyawa yang mampu merangsang kontraksi yang dapat menebabkan keguguran pada awal awal kehamilan dan menyebabkan bayi lahir prematur jika usia kehamilan sudah masuk trimester terakhir kehamilan.

Meskipun begitu anda tak perlu was was jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit, ya hanya untuk sekedar memenuhi keinginan atau ngidam anda, konsumsialah satu atau setengah buah durian dalam sehari dan konsumsilah buah durian yang masih segar karena buah durian yang tidak segar mengandung alkohol dan asam arachidonat dalam jumlah yang cukup tinggi.

Bagaimana dengan Produk Olahan Durian, Masih amankah?

Produk olahan durian cenderung lebih aman, karena mengandung alkohol dan asam arachidonat yang rendah akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah campuran bahan olahan duriannya itu sendiri dan nutrisi yang terkandung didalamnya. 

Produk olahan buah durian yang banyak beredar di pasaran adalah Ice Cream. Ice cream durian mengandung kadar lemak yang tinggi dan kadar gula yang tinggi pula, hal ini berbahaya jika di konsumsi berlebihan. lemak dan gula didalam ice cream ditakutkan mempengaruhi berat badan calon bayi sehingga mempengaruhi proses persalinan yang berakibat dilakukannya opersi caesar.

Selain dari ice cream masih banyak olahan yang berbahan durian, yang perlu diperhatikan dari banyaknya olahan berbahandasarkan durian adalah kandungannya, berbahaya atau tidak untuk kehamilan. semua jenis olahan durian selagi di konsumsi dalam jumlah yang wajar itu aman aman saja. nah sekarang anda sudah mengetahui bukan bahwa durian itu bisa di konsumsi oleh ibu hamil tapi dalam jumlah yang sedikit. baca juga Makanan sehat untuk ibu hamil.

Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa durian memiliki 2 zat yang dapat membahyakan perkembangan janin yaitu alkohol dan asam arachidonat akan tetapi selain dari 2 zat itu ,durian juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang cukup baik untuk perkembangan janin.

Boleh atau tidaknya ibu hamil makan durian tergantung jumlah dan kualitas buah durian itu sendiri, jika jumlahnya sedikit dan buahnya duriannya masih segar itu di bolehkan akan tetapi jika jumlahnya banyak dan kondisi duriannya terlalu matang itu tidak dianjurkan karena durian yang terlalu matang mengandung banyak kandungan alkohol.

sekian, mungkin artikel ini dapat membantu ibu hamil yang ingin makan durian karena tuntutan ngidamnya tapi masih ragu dan bertanya-tanya bahayakah ibu hamil makan durian?

0 Response to "Bahayakah jika ibu hamil makan durian?"

Posting Komentar