Makanan sehat untuk ibu hamil muda di bulan pertama

Sering kita mendengar pertanyaan apa sih makanan sehat untuk ibu hamil muda di bulan pertama agar perkembangan janin tumbuh dengan baik dan sehat. Sebenarnya makanan sehat untuk ibu hamil muda itu cukup banyak tergantung ibu hamil itu sedang menyukai apa atau dalam bahasa umumnya sedang ngidam apa?. Pola makan ngidam ini pada setiap ibu hamil itu berbeda-beda, terkadang ada yang ingin makan makanan yang asem asem atau buah buahan muda, mungkin saat itu janin sedang memerlukan nutrisi dan asam folat yang cukup. Ada pula yang ingin makan makanan yang manis dan segar, mungkin saat itu janin sedang membutuhkan vitamin dan mineral yang cukup untuk perkembangannya. Yang terpenting selain mengikuti pola makan ngidam, ibu hamil muda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi,vitamin dan mineral yang cukup di setiap harinya, seperti meminum susu yang di formulasikan untuk ibu hamil. hal ini agar perkembangan janin tetap sehat dan baik.

Kebanyakan dari ibu hamil muda itu takut makan ini lah makan itu lah, memang itu wajar saja karena kehamilan di usia muda itu rentan keguguran jika tidak di perhatikan dengan baik asupan nutrisinya, tetapi kebanyakan ketakutan itu karena banyaknya mitos mitos yang berkembang di masyarakat tentang kehamilan di usia muda. Sebaiknya ibu yang sedang hamil muda mengetahui apa saja sih mitos mitos tentang ibu hamil muda yang berkembang di masyarakat, dengan begitu ibu yang sedang hamil tidak khawatir lagi untuk makan makanan yang sebenarnya sehat untuk di konsumsi, dan itu mungkin saja salah satu makanan sehat untuk ibu hamil muda di bulan pertama yang perlu di konsumsi.


Makanan sehat untuk ibu hamil muda di bulan pertama
Makanan Sehat Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda di bulan Pertama


Nah sekarang saya akan menyebutkan beberapa saja makanan sehat untuk ibu hamil muda di bulan pertama, saya hanya akan menuliskan makanan yang baik untuk di konsumsi ibu hamil dengan melihat kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. jangan lupa baca juga mitos mitos tentang kehamilan yang di kaitkan dengan ibu hamil .

Makanan sehat untuk ibu hamil di bulan pertama yaitu

1. Aneka Olahan Kacang Kacangan

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang pertama adalah aneka olahan kacang kacangan, mungkin ada yang tidak tau apa saja sih jenis olahan kacang kacangan itu? baikalah akan saya beri tahu, kacang kacangan adalah makanan yang mengandung nilai gizi yang tinggi seperti protein dan serat, makanan yang mengandung protein dan serat yang tinggi dari jenis kacang kacangan ini ialah kedelai. Banyak sekali jenis olahan makanan dari kacang kacangan jenis kedelai ini seperti tahu, tempe dan susu kedelai, selain murah olahan jenis ini juga mudah di dapat.

2.Aneka olahan sayuran hijau

Makanan dari jenis sayuran memang cukup banyak, tapi saran saya pilihlah yang mengandung serat dan mineral yang tinggi seperti Brokoli, makanan jenis ini mengandung kalsium,asam folat dan anti oksidan sehingga sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil. selain itu masih ada jenis olahan sayuran yang lain yang baik untuk di konsumsi ibu hamil seperti kubis,bayam,selada dan lain sebagainya tinggal pilih menurut kesukaan ibu yang sedang hamil itu sendiri.

3. Buah buahan

Sebagaimana kita ketahui buah buahan merupakan makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang tinggi. akan tetapi ibu hamil harus mampu memilih mana yang paling baik untuk perkembangan janin, kaerna tidak semua buah buahan itu baik untuk perkembangan janin. Buah buahan yang baik untuk ibu hamil ialah apel, buah apel mengandung vitamin A,B1,B2,B3,B5,B6,B9 dan vitamin C. vitamin ini sangat di perlukan oleh ibu hamil muda untuk perkembangan janin. selain dari apel masih banyak buah buahan yang baik di konsumsi oleh ibu hamil muda seperti buah naga,anggur, jambu air alpukat dan lain sebagainya.

4. Daging dan ikan

Daging merupakan sumber protein hewani yang baik untuk ibu hamil karena di dalamnya juga terdapat kandungan zinc yang juga sangat di butuhkan oleh janin, akan tetapi jangan mengkonsumsi daging yang kaya akan lemak karena itu akan berpengaruh kepada ibu hamil setelah melahirkan seperti kegemukan. Banyak ibu hamil setelah melahirkan berat badannya naik tajam itu karena waktu kehamilan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak.
Ikan merupakan sumber protein dan Omega 3 seperti kita ketahui protein sangat baik untuk perkembangan tubuh calon janin karena dengan protein sel-sel dalam tubuh calon janin berkembang dengan baik. Sedangkan Omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak calon janin sehingga mempengaruhi kecerdasan bayi ketika dilahirkan. Semua ikan memang mengandung proten dan Omega 3 yang cukup tapi ikan yang paling kaya akan kedua nilai gizi tersebut ialah ikan salmon dan hiu.

5. Susu Ibu Hamil

Mungkin sudah kita ketahui bersama, Susu sangat baik untuk perkembangan janin karena nilai nutrisi yang di kandung didalamnya hampir dikatakan komplit, tapi tidak semua susu baik untuk ibu hamil muda hanya susu yang diformulasikan untuk ibu hamil saja lah yang perlu di konsumsi. Menurut saya sudah banyak susu yang di formulasikan khusus ibu hamil yang beredar di pasaran dan telah di sesuaikan dengan perkembangan janin di setiap tahap perkembangannya, pilihlah susu sesuai tahapan perkembangan janin.

Masih banyak sebenarnya tapi itulah beberapa makanan yang terpenting yang perlu di konsumsi ibu hamil muda,mungkin lain waktu akan saya buat artikel yang lebih terperinci yang berkaitan dengan makanan sehat untuk ibu hamil di bulan pertama. sekian dan terimakasih.

0 Response to "Makanan sehat untuk ibu hamil muda di bulan pertama"

Posting Komentar