manfaat asam folat bagi ibu hamil

Manfaat asam folat bagi ibu hamil, taukah anda apa itu asam folat? baik akan saya jelaskan dulu apa itu asam folat. Asam folat merupakan vitamin yang mudah larut dalam air dan vitamin ini biasa dikenal dengan sebutan vitamin B9. nah mengapa vitamin asam folat ini sangat berguna bagi ibu hamil? fungsi vitamin B9 sendiri ialah sebagai period pembelahan dan pertumbuhan sel,nah hal ini lah yang menjadikan vit B9 ini sangat di butukan oleh ibu hamil untuk perkembangan janin yang sedang di kandungnya.

Vitamin B9 atau asam folat biasanya banyak terkandung pada sayur-sayuran , buah-buahan, kacang-kacangan dan lain sebagainya. nah selain mudah di dapat makanan jenis tersebut harganya juga terjangkau, jadi ibu hamil tidak perlu bingung untuk mendapatkannya.


manfaat asam folat bagi ibu hamil

Manfaat asam folat bagi ibu Hamil

  • Sebagai pembentukan Sel-sel tubuh dan juga sel pembawa kode genetik bagi calon bayi. asam folat dapat mengubah protein menjadi senyawa protein baru yang berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah dan pembentukan DNA.
  • Mencegah terjadinya keguguran, dengan mengkonsumsi asam folat dengan cukup maka ibu hamil akan terhindar dari resiko keguguran.
  • Mencegah bayi terlahir cacat, dengan fungsinya sebagai pembentuk jaringan, asam folat mampu mengoptimalkan pembentukan tubuh calon bayi dengan sempurna.
  • Membantu sumsum tulang belakang memproduksi eritrosit atau sel darah merah, sehingga ibu hamil akan terhindar dari kekurangan darah setelah melahirkan.
  • Mengurangi tingkat depresi pada ibu hamil, asam folat apat memberikan stimulus pada otak agar tetap tenang dan mengurangi hormo stres atau depresi.

Bahaya kekurangan asam folat bagi ibu hami

  • Perkembangan janin tidak optimal atau kemungkinan bayi terlahir cacat.
  • Gangguan pada fungsi otak janin, yang dapat menyebabkan bayi terlahir autis.
  • Kekurangan darah atau anemia pada ibu hamil.
  • Meningkatkan kondisi depresi atau stress pada ibu hamil.
  • Tingkat keguguran janin tinggi.
  • Tubuh mudah mersa lelah pada ibu hamil.
 Sekarang anda sudah tau bukan manfaat dan bahaya jika kekurangan asam folat bagi ibu hamil, nah sekarang bagaimana cara mencukupi asam folat bagi ibu hamil? dan berpakah kebutuhan asam folat bagi ibu hamil setiap harinya?

Untuk mencukupi asam folat bagi ibu hamil dapat dilakukan dengan tidak mengkonsumsi satu jenis saja makanan yang mengandung asam folat tapi beberapa jenis karena kandungan asam folat di setiap makanan itu berbeda-beda, nah dengan mengkonsumsi banyak jenis makanan yang mengandung asam folat kemungkinan kebutuhan asam folat ibu hamil akan terpenuhi. baca juga : Makanan sehat untuk ibu hamil.

Berapa kebutuhan asam folat ibu hamil menurut usia kandungan? untuk yang belum hamil dianjurkan untuk banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Untuk kandungan usia 3 bulan pertama kehamilan, dianjurkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg. Untuk kandungan usia 4-9 bulan di anjurkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 600 mcg. sedangkan untuk masa menyusui dianjurkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 500 mcg.

Meskipun begitu kebutuhan asam folat setiap ibu hamil berbeda-beda, tergantung faktor lain seperti berat badan,jumlah sel darah merah dan lain lain. untuk lebih jelasnya lebih baik konsultasikan dengan dokter kandungan terdekat di kota anda.

0 Response to "manfaat asam folat bagi ibu hamil"

Posting Komentar