Apakah Boleh Ibu Hamil 5 Bulan Menyusui Bayinya

Menyusui atau memberikan asi kepada bayi merupakan bentuk kasih sayang seorang ibu kepada buah hatinya dan biasanya kegiatan ini dilakukan selama 2 tahun. akan tetapi adakalanya kehamilan terjadi saat bunda masih dalam masa menyusui, mungkin hal ini terjadi karena bunda lupa tidak mengikuti program kb atau karena hal yang lainnya.nah ini yang sering menjadi kebimbangan bunda bukan, bahwa  apakah boleh ibu hamil 5 bulan menyusui? banyak bunda berfikir bahwa menyusui saat hamil akan mempengaruhi perkembangan janin dengan alasan asupan gizi untuk janin tidak maksimal karena berbagi dengan bayi yang sedang disusuinya nah hal inilah yang menyebakaan banyak bunda memilih menghentikan kegiatan menyusui pada bayinya padahal asi pun sangat penting bagi perkembangan bayi.

Menyusui dalam keadaan hamil sebenarnya boleh boleh saja,asalkan bunda memperhatikan asupan giji yang di konsumsi oleh bunda setiap harinya, karena hal ini akan mempengaruhi asupan nutrisi pada janin juga asupan nutrisi pada bayi. oleh sebab itu mengkonsumsi makanan yang bergizi sangat penting bagi ibu hamil yang juga menyusui.

ibu hamil apakah boleh menyusui bayinya
Ibu Hamil Menyusui

Bunda yang sedang hamil dan juga menyusui biasanya akan mengalami kondisi yang lemah hal ini karena nilai gizi yang dimakan oleh bunda di alirkan untuk kedua buah hatinya, selain itu bunda pun akan merasakan tak nyaman sepanjang hari, karena selain memperhatikan janin yang sedang dikandung juga harus mengurusi bayi yang telah terlahir.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat ibu hamil dan juga menyusui

Bagi bunda yang sedang hamil dan juga menyusui perlu untuk memeperhatikan beberapa hal di bawah ini
  • Asupan Gizi
Asupan gizi bagi ibu hamil dan juga menyusui harus seimbang maksudnya makanan yang di konsumsi harus memiliki nilai gizi yang baik untuk perkembangan janin dan juga untuk perkembangan bayi.kalau perlu bunda juga dapat mengkonsumsi suplemen makanan untuk mencukupi nilai gizi harian bunda.

  • Memperbanyak Minum Air Putih
Memperbanyak minum air putih itu penting karena ibu hamil dan juga menyusui biasanya banyak kekurangan cairan yang berakibat dapat mempengaruhi kualitas asi dan juga perkembangan janin yang sedang di kandungnya.

  • Menjaga Kondisi Kesehatan
Pada saat menyusui tubuh akan memproduksi hormon oksitosin yang memicu timbulnya kontraksi pada payudara dan rahim, jika bunda memiliki riwayat keguguran alangkah baiknya selalu menjaga kondisi kesehatan agar tetap bugar.

  • Produksi Asi Berkurang
Ketika bunda hamil maka tubuh akan memproduksi hormon estrogen,nah hormon ini dapat memicu berkurangnya produksi asi. untuk mengatasinya jika bayi bunda sudah berumur lebih dari 6 bulan  alangkah baiknya diberikan makan tambahan khusus bayi/makanan pendamping asi.

  • Morning Sickness
Morning sicknes atau mual di awal kehamilan. hal ini dapat memicu bunda akan cepat merasa lelah dan ketidaknyamanan lain selama kehamilan. alangkah baiknya bunda selalu menjaga tubuh agar tetap bugar.

Pada dasarnya ibu hamil dan juga menyusui akan memerlukan banyak nutrisi untuk janin yang dikandungnya dan juga untuk menyusui bayinya, biasanya hal itu akan mengeluarkan energi yang cukup banyak.

Sebenarnya bagi bunda yang hamil dan juga menyusui tak perlu khawatir, selama energi dan nutrisi yang masuk dan keluar itu seimbang maka menyusui saat hamil tidak akan menjadi masalah. alangkah baiknya bunda selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui perkembangan janin yang sedang di kandung.

sekian mungkin itu yang bisa saya uraikan tentang  apakah boleh ibu hamil 5 bulan menyusui bayinya. untuk informasi yang lainnya tentang kehamilan, bunda dapat melihatnya di info kehamilan bunda.

0 Response to "Apakah Boleh Ibu Hamil 5 Bulan Menyusui Bayinya"

Posting Komentar