5 Hal Yang Harus Dihindari Ibu Hamil 9 Bulan

Kehamilan merupakan sesuatu yang di idam-idamkan setiap wanita yang baru menikah,seperti yang kita ketahui setiap bunda yang hamil akan  menjaga janinnya dengan penuh kasih sayang dan perhatian yang lebih, tentunya hal itu dilakukan agar janin tumbuh dan berkembang dengan baik. bulan demi bulan dilaluinya bersama hingga tidak terasa sampailah di bulan ke 9, di bulan inilah perasan ibu hamil 9 bulan bercampur bersamaan ada senang,bahagia,cemas,takut dan lainnya bercampur menjadi satu. apalgi jika bunda baru pertama kali merasakan kehamilan tentunya akan merasa was was dalam proses persalinan nanti.

Meskipun begitu, alangkah baiknya ibu hamil di usia 9 bulan harus tetap merasa tenang, baik itu ketenangan fisik ataupun ketenangan fisikis.ada beberapa hal yang perlu dihindari ibu hamil 9 bulan ,apa sajakah hal-hal itu?

ibu hamil 9 bulan
Ibu Hamil 9 Bulan

5 Hal yang perlu dihindari oleh ibu hamil 9 bulan

Usia kehamilan 9 bulan merupakan usia yang sangat ditunggu tunggu oleh setiap ibu hamil, karena di bulan inilah akan lahir bayi yang di idam-idamkan sebelumnya. agar proses kelahiran bayi berjalan dengan lancar sebaiknya bunda memperhatikan 5 hal berikut: 
  • Hindari stress
Stres dapat memicu kontraksi perut sebelum waktunya, hal ini dapat menyebabkan bayi terlahir prematur, alangkah baiknya bunda tetap merasa tenang dan tidak perlu merasa cemas yang berlebihan karena hal itu tidak baik untuk kehamilan bunda.
  • Jangan biasakan tidur larut malam
Jangan biasakan tidur terlarut malam, karena tidak baik untuk kesehatan ibu hamil .Tidur yang cukup bagi ibu hamil 9 bulan sangat di perlukan hal ini bertujuan agar tubuh ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup sehingga tubuh akan terasasa bugar di pagi harinya. baca : tidur yang baik bagi ibu hamil
  • Jangan melakukan pekerjaan berat
Pekerjaan berat yang sering dilakukan dapat memicu kontraksi perut,misalnya menyuci dengan posisi duduk dapat memberikan tekanan pada kandungan atau mengangkat beban yang berat juga dapat memicu kontraksi pada janin, sebaiknya bunda menghindari pekerjaan yang sekiranya di anggap berat.
  • Hindari makan makanan pedas
Makan makanan pedas dapat menimbulkan rasa mulas pada perut, hal ini tidak baik untuk persalinan bayi nantinya.kontraksi yang di timbulkan oleh makanan pedas dapat memicu kelahiran sebelum waktunya.
  • Jangan makan terlalu banyak
Maksudnya ialah jangan makan dengan porsi yang besar karena itu dapat membuat dada bunda sulit untuk bernafas atau sesak,lebih baik bunda makan dengan porsi kecil tapi sering dan usahakan makanan yang di makan mengandung nilai gizi yang baik.

Nah itulah 5 hal yang perlu di hindari oleh ibu hamil 9 bulan, selain itu di usia kandungan 9 bulan biasanya bunda akan merasakan keluhan keluhan yang membuat bunda tidak nyaman.sebenarnya keluhan ini wajar-wajar saja terjadi di usia kandungan 9 bulan

Keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil 9 bulan

  • Gangguan Pernafasan
Gangguan pernafasan terjadi karena janin telah tumbuh besar dan menekan diagfrahma bunda, tekanan bayi inilah yang menjadikan bunda merasa sesak untuk bernafas.
  • Terasa panas pada tulang iga
Jika bunda merasakan panas pada bagian tulang iga itu dikarenakan posisi kepala bayi yang mulai turun kebawah.
  • Kaki Bengkak
Kaki terlihat bengkak, ini disebabkan karena sirkulasi darah tidak lancar sehingga terjadi varises pada otot kaki. usahakan berjalan jalan di waktu pagi untuk memperlancar peredaran darah sehingga terhindar dari masalah kaki bengkak.
  • Kontraksi Palsu
Kontraksi palsu ialah kondisi dimana bunda merasakan sakit yang ringan di bagian perut seperti akan melahirkan, hal ini biasanya terjadi karena bunda terlalu kelelahan.
  • Sering pusing atau lemas
Pusing dan lemas biasanya terjadi pada ibu hamil 9 bulan, biasanya terjadi karena bunda kekurangan darah. sebaiknya bunda mengkonsumsi makanan yang dapat menambah darah untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan diwaktu persalinan nanti. baca : makanan sehat ibu hamil

Itulah beberapa hal yang perlu di hindari dan beberapa keluhan yan biasa terjadi pada ibu hamil 9 bulan yang bisa saya uraikan di artikel ini. semoga bermanfaat untuk bunda bunda yang tidak lama lagi akan segera melahirkan.

0 Response to "5 Hal Yang Harus Dihindari Ibu Hamil 9 Bulan"

Posting Komentar