Posisis Tidur yang Baik Bagi Ibu Hamil

Bagaimanakah posisi tidur yang baik bagi ibu hamil?.Mungkin bagi bunda yang sedang hamil pernah merasakan ketidaknyamanan saat akan tidur, hal ini sebenarnya wajar-wajar saja karena didalam perut terdapat calon bayi yang terus tumbuh dan berkembang sehingga mempengaruhi kualitas tidur ibu hamil. Pernah bukan bunda merasakan tidak nyaman saat tidur di posisi yang diharapkan seperti cepat pegal atau merasa sesak dan lain sebagainya. Memang sebagai seorang bunda menjaga kenyamanan calon bayi lebih utama ketimbang kenyemanan tidur bunda itu sendiri.

Akan tetapi jika bunda terlalu sering kurang tidur itu juka tidak baik bagi kesehatan bunda itu sendiri,yang akan berdampak kurang baik juga pada kesehatan janin yangg sedang di kandung. oleh sebab itu sebaiknya bunda mengetahui posisi tidur yang tepat bagi ibu hamil.

Posisi Tidur yang BAik Bagi Ibu Hamil
Posisi Tidur Ibu Hamil
Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil adalah miring kekanan dimana tangan kanan di bawah dan tangan kiri di atas. Pada posisi ini kandungan tidak banyak mendapat tekanan sehingga calon bayi berada pada posisi yang terbaiknya saat bunda tidur dan untuk bunda sendiri posisi ini menjadikan bunda tidak cepat pegal atau sesak karena pada posisi miring ke kanan ini posisi lambung dan jantung ibu hamil berada di atas sehingga tidak mendapat tekanan, berbeda jika bunda miring ke kiri maka lambung dan jantung akan mendapat tekanan dari organ yang lain sehingga menyebabkan sesak atau cepat pegal. baca juga : tips kesehatan ibu hamil

Bahaya terlalu banyak tidur di pagi hari bagi ibu hamil

Meskipun tidur itu penting bagi ibu hamil, akan tetapi jika ibu hamil tidur di pagi hari itu memilki dampak buruk bagi janin. sebagai mana kita ketahui pagi hari adalah suasana yang begitu baik dimana udara waktu itu masih segar, matahari bersinar tidak terlalu panas. alangkah baiknya jika di waktu pagi ibu hamil itu jalan kaki menikamti suasana pagi karena hal itu pun baik untuk perkembangan calon bayi. Mengapa jalan kaki di pagi hari baik bagi perkembangan janin? Karena dengan berjalan kaki di pagi hari ibu hamil menghirup oksigen yang masih segar dengan begitu calon bayi pun mendaptkannya dari peredaran darah ibu hamil. selain itu calon bayi pun terkena cahaya hangat matahari di pagi hari yang kita ketahui bersama bahwa cahahaya matahari di pagi hari itu merupakan sumber vitamin D yang cukup tinggi hal ini baik untuk perkembangan tulang calon bayi.

Nah bagaimana jika ibu hamil masih tidur di pagi hari? tentu hal itu akan mempengaruhi perkembangan janin karena janin tidak mendapatkan oksigen segar dan vitamin D yang cukup,selain itu tidur di waktu pagi juga dapat menyebabkan ibu hamil malas untuk beraktivitas, mudah merasa pusing dan lelah hal ini karena metabolisme tidak di optimalkan dengan baik sehingga oksigen dalam darah berkurang yang dapat menyebabkan pusing karena otak kekurangan oksigen, lalu lelah karena oksigen dalam darah tidak terpenuhi dengan baik.

Alangkah baiknya jika ibu hamil menjadikan pagi hari sebagai charger untuk melakukan aktivitas seharian sehingga ketika malam dapat tidur dengan nyaman dan rileks tentunya dengan posisi tidur yang baik bagi ibu hamil.

0 Response to "Posisis Tidur yang Baik Bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar